Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Adalah ?

By:

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)  adalah ?

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah
DiKesempatan ini kami akan mengulas mengenai ” Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) “, yang disebut bangunan atau konstruksi pokok dari system Pengolahan air bersih. Didalam Pengolahan air bersih pada umumnya ada 3 bangunan atau konstruksi, yakni : Intake, Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA), serta Reservoir.

-Intake

Intake adalah bangunan atau konstruksi pertama untuk masuknya air dari sumber air. Pada bangunan atau kontruksi Intake ini umumnya ada bar screen yang berperan untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang air. Lalu air akan di pompa ke bangunan atau konstruksi selanjutnya, yakni Water Treatment Plant (WTP).

 

-Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) yaitu system atau fasilitas yang berperan untuk memproses air dari kualitas air baku (influent) terkontaminasi untuk memperoleh perawatan kwalitas air yang dikehendaki sesuai sama standard mutu atau siap untuk di konsumsi. Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah fasilitas yang penting di semua dunia yang akan menghasilkan air bersih serta sehat untuk di konsumsi. Umumnya bangunan atau konstruksi ini terbagi dalam 5 Proses, yakni : koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, serta desinfeksi.

1. Koagulasi
Pada Proses koagulasi dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) dilakukan proses destabilisasi partikel koloid, karena pada intinya sumber air (air baku) umumnya berupa koloid dengan beragam koloid yang terdapat didalamnya. Tujuan dari Proses ini yaitu untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut didalamnya. Proses destabilisasi ini bisa dikerjakan dengan menambahkan bahan kimia ataupun dikerjakan dengan cara fisik dengan rapid missing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump), ataupun dengan cara mekanis (memakai batang pengaduk).

2. Flokulasi
Proses flokulasi pada Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) mempunyai tujuan untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Di sini dilakukan pengadukan lambat (slow mixing), aliran air di sini harus tenang. Untuk meningkatkan efisiensi umumnya ditambah dengan senyawa kimia yang dapat mengikat flok-flok.

3. Sedimentasi
Proses sedimentasi memakai prinsip berat jenis, serta Proses sedimentasi dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) berperan untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang telah didestabilisasi oleh Proses terlebih dulu (partikel koloid semakin besar berat macamnya dari pada air).
Pada saat saat ini Proses koagulasi, flokulasi serta sedimentasi dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) ada yang di buat tergabung menjadi satu Proses yang dinamakan aselator.

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah

4. Filtrasi
Dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Proses filtrasi, sesuai dengan namanya mempunyai tujuan untuk penyaringan. Tehnologi membran dapat dikerjakan pada Proses ini, selain itu dapat pula memakai media yang lain seperti pasir serta yang lain. Dalam tehnologi membran Proses filtrasi membran terdapat banyak jenis, yakni : Multi Media Filter, UF (Ultrafiltration) Proses, NF (Nanofiltration) Proses, MF (Microfiltration) Proses, RO (Reverse Osmosis) Proses.
5. Desinfeksi
Sesudah melalui Proses filtrasi serta air bersih dari pengotor, ada peluang masih terdapat kuman serta bakteri yang hidup, sehingga dibutuhkan menambahkan senyawa kimia dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang bisa mematikan kuman, umumnya berbentuk menambahkan chlor, ozonosasi, UV, pemabasan dan lain-lain sebelum masuk ke konstruksi paling akhir yakni reservoir.

-Reservoir

Konstruksi Reservoir dalam Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) berperan sebagai tempat penampungan sementara air bersih sebelumnya didistribusikan.

Sekian kajian umum mengenai Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) serta proses-prosesnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *